Sekilas Palu

Palu adalah ibukota dari Propinsi Sulawesi Tengah yang terletak tepat di ujung Teluk Palu dan berada di lembah Palu. Palu dapat di jangkau dengan menggunakan pesawat yang terbang langsung dari Makassar, Balikpapan, Surabaya dan Manado. Bandara Mutiara Palu saat ini dapat didarati pesawat jenis Boeing MD82, 737, Foker, dan beragam peswawat kecil lainnya. Maskapai yang melayani penerbangan ke bandara Mutiara Palu adalah; LION, WING, MERPATI, SRIWIJAYA, dan BATAVIA, sedangkan untuk jalur ke kabupaten (Poso, Luwuk, Tolitoli dan Buol) dilayani oleh Merpati dan Trigana dengan pesawat Casa 212. Pengunjung yang menggunakan jalur laut dapat berlabuh di Pelabuhan Pantoloan yang berjarak 22 km dari kota. Trayek kapal Pelni yang singgah di Pantoloan antara lain; Dobonsolo, Umsini, Nggapulu, dan Tidar. Sedangkan untuk jalur darat bisa ditempuh dari Manado atau Makassar dengan waktu tempuh lebih dari 20 jam.

Dibanding kota propinsi lainnya, Palu termasuk yang masih sepi dari hingar-bingar seperti kota besar pada umumnya, banyak pertokoan tutup disiang hari dan buka lagi jam 4 sore s/d 10 malam, dihari libur lebih banyak lagi toko yang tutup. Angkutan kota juga belum ada jurusan tetap, penumpang harus menyampaikan tujuannya tiap kali akan naik angkutan umum yang oleh masyarakat setempat disebut dengan “taxi” ini. Sedang taxi yang sebenarnya disebut dengan taxi argo.

Pengendara tetap harus berhati-hati walau jalanan masih belum terlalu banyak oleh lalu-lalang kendaraan, mengingat tingginya angka kecelakaan di Palu. Ini dikarenakan etika berkendara masyarakatnya yang masih kurang disiplin, sering mengabaikan marka jalan, jarang menggunakan lampu sign saat belok, berhenti dan memotong jalan, dll. Banyaknya binatang peliharaan (sapi & kambing) yang berkeliaran di jalanan juga membahayakan para pengendara kendaraan bermotor, hal serupa banyak dijumpai di jalan-jalan luar kota dan daerah Sulawesi Tengah pada umumnya.

Copyright © 2014 TelukPalu.Com All rights reserved. Powered by Wordpress