Senjata Tradisional Sulawesi Tengah

Sejenis senjata tradisional yang terkenal di Sulawesi Tengah adalah pasatimpo, yaitu sejenis parang yang hulunya bengkok dan sarungnya diberi tali. Jenis senjata panjang yang sering digunakan masyarakat berupa tombak, yang terdiri atas kanjae dan surampa (bermata tiga seperti senjata trisula).

Selain itu jenis senjata tradisional yang lain berupa parang panjang (guma) yang dibuat oleh tukang besi (pande) yang ahli membuat senjata tajam. Sebagai alat pelindung diri dari serangan lawan digunakan perisai (cakalele) yang terbuat dari kayu dan dilapisi dengan sekeping besi tipis. Semua jenis senjata tradisional tersebut terutama digunakan untuk berperang melawan musuh atau melindungi diri dari serangan binatang buas.

Pada saat ini jenis-jenis senjata tradisional yang ada juga digunakan untuk berbagai keperluan dalam rangka aktivitas hidup sehari-hari, seperti untuk mencari kayu bakar, memotong hewan buruan atau piaraan untuk dikonsumsi, dan lain-lain.

Sumber: Perpustakaan Daerah Propinsi
Jl. Banteng No. 6 Palu Telp. (0451) 482490
 

Comments

  1. m-amin says:

    Senjata Tradisional semakin lama semakin dikenang dan berharga nilai historisnya. Maka dari itu tidak salah apabila kita semakin giat mengumpulkan semua senjata tradisional yang kita miliki.

  2. udin says:

    infonya menambah pengetahuan, tapi yang saya dengar dari teman saya, katanya senjata khas palu adalah tafala, mohon penerangannya min

Copyright © 2014 TelukPalu.Com All rights reserved. Powered by Wordpress