Ratini / Mancumani Noratini

Pada masyarakat Kulawi upacara yang berlangsung pada masa ini terdiri atas beberapa jenis upacara selamatan tradisional yang disebut mancumani antara lain : Mancumani Noratini, Mancumani Ratompo, Mancumani Rakeho, Upacara Penutupan. Dari semua upacara masa ini yang disebut dengan Upacara Mancumani saja. Keempat jenis upacara tersebut secara terpisah diuraikan berturut-turut di bawah ini.

Pengertian upacara ini adalah membersihkan alat kelamin. Upacara ini menurut tradisi setempat hanya bagi laki-laki yang telah mulai memasuki alam kedewasaan. Bagi anak perempuan upacara ini tidak diadakan. Dengan kata lain bahwa upacara ini dilaksanakan apabila yang diupacarakan itu sudah benar-benar telah memasuki alam kedewasaan. Tujuan dan maksudnya dari upacara Ratini adalah sudah merupakan suatu tradisi setempat bila seseorang anak telah menjelang dewasa, juga merupakan motivasi yang mendorong penyelenggaraan upacara ini bahwa anak sesudah diratini sudah meninggalkan sifat-sifat kekanak-kanakan dan telah mempunyai sifat-sifat malu. Juga adanya anggapan masyarakat setempat bahwa setelah anak dikhitan maka mulailah belajar memakai hirita (cawat).

Sumber: Perpustakaan Daerah Propinsi
Jl. Banteng No. 6 Palu Telp. (0451) 482490 

Thony Irawanto

Assalamu'alaikum Wr, Wb. Terimakasih atas kunjungan Anda. Trimakasih pula atas kritik dan saran yang telah disampaikan, mohon maaf bila masukan dari Anda belum bisa saya wujudkan semua dalam situs ini. Wassalam, Wr, Wb.

You may also like...