Menggambar ‘Pak Tua’


Menggambar: Sejak SMP saya mulai menemukan bakat ini, tapi kurang begitu mengasahnya, maklumlah karena kekurangan sarana dan media saat masih tinggal di gunung. Selepas lulus SMA dan rantau di Jakarta bakat ini mulai kambuh lagi, terlebih waktu di Jakarta saya tinggal dengan keluarga yang komunitasnya melukis.

Setahun belajar menggambar pakai kertas + serbuk warna. Setelah itu mulai berani menerima order foto. Disaat luang, saya banyak melukis sekedar buat pajangan dikamar, sebagian lagi cuma digulung dan disimpan. Salah satu lukiasan yg saya gemari adalah Pak Tua ini.

Gambar ini sangat dicari pada periode Maret 2005 saat sebagian besar masyarakat menentang kebijakan pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Tak ketinggalan juga seorang hacker menjadikan Pak Tua sebagai visual yang mewakili ‘masyarakat’ dengan menempelkan pesan di situs http://www.depkehham.go.id/

************************************************************************************************
Jumat , 04/03/2005 14:45 WIB
Tolak Kenaikan Harga BBM ‘Hacker’ Permak Situs Depkehham

Wicaksono Hidayat – detikInet
Jakarta, Seorang vandalis cyber yang tidak puas dengan kebijakan pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) melampiaskan perasaannya dengan mengubah tampilan situs Departemen Kehakiman dan HAM. Aksi ‘hacker’ yang mengaku bernama Pak Tua itu dapat dilihat dengan mengakses situs http://www.depkehham.go.id/.

Halaman depan situs departemen berlambang beringin itu diubah menjadi halaman web berwarna hitam dengan teks berwarna merah. Teks itu berbunyi:

Kami memang bukan orang pintar yang pandai mengucapkan protes atas kebijaksanaan pemerintah menaikkan harga BBM.

Tapi dengan naiknya harga BBM membuat hidup kami tambah sengsara

naiknya BBM diiringi naiknya harga sembako, dan akan menyusul harga-harga kebutuhan hidup yg lain.

Kami jangan disamakan dengan Anda-Anda semua, yang dengan mudah mencari uang tanpa mengeluarkan keringat sama sekali, tapi kami rakyat kecil, untuk makan sehari-hari aja kadang nggak bisa, bahkan ngutang sana-sini.

Kami tetap meminta 3 tuntutan :

1. Turukan harga BBM
2. Turunkan biaya PENDIDIKAN
3. Turunkan harga SEMBAKO

Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih

t.t.d

Setelah ‘t.t.d’ seharusnya ditampilkan sebuah gambar dengan nama paktua.gif. Namun gambar tersebut tidak muncul, sehingga seakan-akan pelakunya tidak bernama.

Jika dilihat dari kode penyusun halaman hasil ‘hacking’ itu, gambar PakTua berasal dari sebuah situs mengenai Kabupaten Tuban, Jawa Timur (http://www.tuban-jatim.com/). Situs tersebut didesain oleh seorang web designer asal Bojonegoro bernama Thony Irawanto.

Hubungan Thony Irawanto dengan ‘hacker’ bernama Pak Tua itu belum bisa dipastikan. Bisa jadi pelaku hanya meminjam server Tuban-Jatim.com untuk meletakkan file paktua.gif.

Pak Tua tidak merombak total situs Depkehham, agaknya ia hanya ‘menempelkan’ file index di halaman pertama situs tersebut. Pasalnya, meskipun lambat situs asli Depkehham masih bisa diakses melalui alamat http://www.depkehham.go.id/index.php.(wsh)

************************************************************************************************ 

Copyright © 2014 TelukPalu.Com All rights reserved. Powered by Wordpress