Bunaken – Manado

Ada kerjaan di Gorontalo, saya berangkat dari palu dengan jalan darat kurang lebih 16 Jam. Bisa lebih cepat sebenarnya jika menggunakan pesawat, tapi harus mutar ke Makassar dulu baru lanjut ke Gorontalo, tentu dengan biaya tiket yang lumayan mahal. 16 jam diatas kendaraan minibuss bukannya waktu yang singkat, tapi saya mensiasatinya dengan menikmati pemandangan di sepanjang jalan yang saya lewati, sambil membidikkan Nikon jika ada obyek yang menarik.

Pas ketemu hari libur, bersama rekan kerja lalu rental mobil untuk mengunjungi Manado. Nama kota yang sudah familiar buat saya, tapi baru sekali saya datangi. Setelah berkendara selama 8 jam, kamipun sampai di Kota Manado. Bersukurnya, teman-teman sepakat pergi le Bunaken.

Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara. Pulau Bunaken dapat di tempuh dengan speed boat atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 25 menit dari kota Manado. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken.

Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.

Turis mancanegara sedang Diving di Bunaken.

Memancing di kawasan Bunaken sangat dilarang!!!, tapi tetap saja ada yang mencuri. Seperti yang dikakukan oleh dua anak buah kapal ini, selesai mengantar penumpangnya turun untuk snorkling, sembunyi-sembunyi melempar kail dengan umpan roti, tak lama kemudian ikan Pali yang lumanyan besar sudah diangkatnya.

Jadi pingin ikutan juga sih, mana ikannya jinak-jinak dan besar-besar.. :) 

Comments

  1. indah says:

    bunaken memang sudah tersohor keindahannya sampai ke mancanegara.
    mau juga mencoba untuk menyelam di spot2 yg ada.

Copyright © 2014 TelukPalu.Com All rights reserved. Powered by Wordpress