Pulau Malenge

Pulau Malenge adalah salah satu obyek wisata di Kepulauan Togean – Kabupaten Tojo Unauna. Pulau ini memiliki potensi wisata yang kompleks. Di pulau ini, wisatawan dapat melakukan atraksi snorkeling, menyelam, tracking dan rekreasi di pasir putih sambil menikmati keindahan panorama alam pulau ini.

Lokasi wisata ini memiliki satwa endemik yang hanya dapat hidup di pulau tersebut yaitu Monyet Togean (Macaca Togeannus). Tidak hanya itu, pulau ini juga memungkinkan untuk melakukan pengamatan satwa seperti babi rusa, burung rangkong, tangkasi dan melihat-lihat kehidupan goa yang ada di Dusun Kadoda.

Bagi wisatawan yang ingin mandi matahari di atas pasir putih dapat mengunjungi beberapa pantai berpasir putih yang terhampar di sepanjang pulau ini, seperti Pantai Kadoda, Bonavang, Pantai Poponoton dan Pantai Batuengkang. Wisatawan yang berkunjung di Pulau Malenge, dapat juga mengunjungi obyek wisata Pulau Angkaio yang diambil dari bahasa lokal suku Togean yang artinya “Pulau Kepiting Kenari”, obyek wisata ini sangat cocok untuk melakukan pengamatan berkaitan dengan kehidupan kepiting kenari yang notabene adalah salah satu hewan endemik di Sulawesi Tengah.

Pulau Malenge dapat dikunjungi dari Ampana dengan mengunakan perahu boat dengan waktu tempuh sekitar 8 (delapan) jam. Untuk memudahkan wisatawan mengunjungi tempat-tempat menarik di Pulau Malenge ini, masyarakat lokal telah menyediakan fasilitas akomodasi yang murah. Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu berlibur di Pulau Malenge dapat menginap di Losmen Malenge Indah dan Losmen Lestari yang letaknya di Desa Malenge, Kecamatan Walea Kepulauan Togean. Di pulau ini, terdapat pula, fasilitas cottage di pantai berpasir putih.

Sumber Foto: www.traveltwins.dk, Sumber Artikel : www.tounainvestment.org  

Comments

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..
    Saya pernah ke Malenge tepatnya dikepulauan togean.disana saya dapat menikmati keindahan bawah laut yg sangat indah dan fenomenal. karna menurut earga setempat dari seluruh tempat wisata di kepulauan togean, jika mau snorkeling dan daiving selalu saja di wilayah Malenge. disana saya juga saya banyak melihat binatang2 langkah, seperti : monyet, burung2, ketang kenari, kelelawar, babi rusa, lumba-lumba. Namun semasa usia saya baru pertama kali saya melihat tarsius, yaitu dipulau Malenge tersebut.kemudian masyarakatnya juga ramah-ramah disana. itu yang membuat saya tidak pernah lupa dengan pulau tersebut.

  2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..
    Saya pernah ke Malenge tepatnya dikepulauan togean.disana saya dapat menikmati keindahan bawah laut yg sangat indah dan fenomenal. karna menurut earga setempat dari seluruh tempat wisata di kepulauan togean, jika mau snorkeling dan daiving selalu saja di wilayah Malenge. disana saya juga saya banyak melihat binatang2 langkah, seperti : monyet, burung2, ketang kenari, kelelawar, babi rusa, lumba-lumba. Namun semasa usia saya baru pertama kali saya melihat tarsius, yaitu dipulau Malenge tersebut.kemudian masyarakatnya juga ramah-ramah disana. itu yang membuat saya tidak pernah lupa dengan pulau tersebut. Losmen Malenge Indah memang its the best.

Copyright © 2014 TelukPalu.Com All rights reserved. Powered by Wordpress