Kepulauan Togean, surga para pecinta olahraga selam

Kepenatan perjalanan darat dari Sorowako selama lebih dari 12 jam, ditambah dua jam perjalanan dengan speed boat dari Ampana, seolah menjadi sirna begitu kami tiba di dermaga Pulau Kadidiri, salah satu pulau di Kepulauan Togean.

Betapa tidak. Sejak bertolak dari dermaga Ampana, kami telah disuguhi pemandangan alam dan keindahan laut Kepulauan Togean yang sangat menawan. Rangkaian pulau-pulau karang yang kami lewati seolah menyembul dari bawah laut, menimbulkan paduan warna yang kontras antara laut biru-kehijauan dan bebatuan pulau yang kecokelatan.

Sebagai bagian ‘ring of fire Indonesia’, Kepulauan Togean memiliki kontur yang khas akibat proses vulkanis dan tektonik selama jutaan tahun. Di Pulau Una-Una bahkan terdapat Gunung Colo (2.509 m) yang masih aktif. Terletak di Teluk Tomini, Kepulauan Togean dikelilingi Provinsi Sulawesi Tengah di sebelah selatan, Gorontalo dan Sulawesi Utara di sebelah utara. Secara administratif, kepulauan ini masuk wilayah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah.

Waktu menunjukkan pukul sembilan pagi. Kedatangan kami disambut para pegawai Kadidiri Paradise Cottage. Dengan cekatan mereka membantu mengangkat barang bawaan tim SDC. Cuaca cerah dan ombak yang tenang hari itu seolah mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari Sorowako, yang terdiri atas Boy Adhitya, Koesharjanto, Imam, Bayu Aji, dan Mahendra.

Setelah check in dan menyiapkan peralatan selam di bungalow yang disediakan, kami menemui instruktur selam yang akan memandu para penyelam. Gonzales, demikian ia memperkenalkan dirinya. Pria asal Austria ini segera menjelaskan lokasi lokasi selam yang menarik dan wajib diselami di sekitar Pulau Kadidiri. Tak lupa ia menanyakan jenis sertifikasi selam yang kami miliki. Begitu mengetahui Boy Adhitya sudah berstatus dive master, kontan ia menyilakan kami untuk berjalan sendiri ke lokasi selam ditemani dua pemandu.

Sumber: http://www.sorowakodivingclub.com/?tag=togean 

Thony Irawanto

Assalamu'alaikum Wr, Wb. Terimakasih atas kunjungan Anda. Trimakasih pula atas kritik dan saran yang telah disampaikan, mohon maaf bila masukan dari Anda belum bisa saya wujudkan semua dalam situs ini. Wassalam, Wr, Wb.

You may also like...

Comments

  1. Fitri Raya says:

    ternyata sulawesi tengah punya banyak keindahan alam yg menjadi kebanggaan bagi masyarakat sulawesi tengah.

  2. EAR says:

    Togean Islands,The Hidden Paradise…..