5.460 Siswa Kota Palu Ciptakan Rekor MuRI dan Dunia

Sebanyak 5.460 siswa dari 300 sekolah menampilkan tari tradisional Pomonte dalam acara puncak peringatan ulang tahun ke-33 Kota Palu di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (27/9). Penampilan itu tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MuRI) sebagai tarian dengan jumlah penari terbanyak. Selain itu, aksi itu juga tercatat dalam rekor dunia dengan nomor urut 5085.

Pomonte merupakan tarian asli kota Palu. Tari pomonte diciptakan pada tahun 1956 oleh mendiang M Bahasyuan, salah satu seniman besar Sulawesi Tengah.

Kata Pomonte berasal dari bahasa suku Kaili yang berarti menuai padi. Tarian itu merepresentasikan wujud inspirasi dari kehidupan masyarakat Sulawesi Tengah yang agraris. Pomonte juga melambangkan sifat gotong royong di masyarakat Kota Palu.(Artikel: Metrotvnews.com, Foto: AntaraNews.Com

Thony Irawanto

Assalamu'alaikum Wr, Wb. Terimakasih atas kunjungan Anda. Trimakasih pula atas kritik dan saran yang telah disampaikan, mohon maaf bila masukan dari Anda belum bisa saya wujudkan semua dalam situs ini. Wassalam, Wr, Wb.

You may also like...