Festival Danau Lindu (12-14 Juli 2012)

Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, tengah mempersiapkan penyelenggaraan Festival Danau Lindu yang akan digelar pada 12-14 Juli 2012.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Sigi Muchlis Yodjodolo mengatakan festival tersebut merupakan festival budaya dan adat istiadat masyarakat yang terdapat di 15 kecamatan di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah yang pada tahun lalu tidak sempat dilaksanakan akibat bencana banjir bandang yang melanda Kecamatan Kulawi Selatan.

“Saat ini kami sudah masuk tahapan persiapan untuk penyelenggaraan festival. Berbagai agenda seni dan budaya akan kami siapkan seiring dengan tekad kami menjadikan wilayah Kabupaten Sigi sebagai salah satu wilayah tujuan wisata,” ujarnya, hari ini, Selasa (12/6).

Menurutnya, meskipun anggaran yang terhimpun terbatas yaitu Rp393 juta, namun berkat partisipasi semua pihak dan masyarakat di Kabupaten Sigi, Festival Danau Lindu akan dapat terlaksana sesuai harapan dan tekad Pemerintah Kabupaten Sigi.

Lokasi festival tersebut berada di 1.000 kaki di atas permukaan laut dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu .

Muchlis menyebutkan beberapa kegiatan yang akan memeriahkan festival antara lain environmental installation, pameran kebudayaan dan pariwisata, lomba fotografi wisata Danau Lindu, workshop seni, pertunjukan perahu tradisional, lomba memancing, eksebisi permainan tradisional dan trail motorcyle touring serta jelajah Danau Lindu.

“Selain diikuti oleh peserta dari 15 kecamatan di Kabupaten Sigi, peserta dari Sulawesi Barat direncanakan juga akan turut serta dalam festival yang digelar pada 12 Juli 2012 ini,” ujarnya. (api)

Sumber: http://www.bisnis.com 

Thony Irawanto

Assalamu'alaikum Wr, Wb. Terimakasih atas kunjungan Anda. Trimakasih pula atas kritik dan saran yang telah disampaikan, mohon maaf bila masukan dari Anda belum bisa saya wujudkan semua dalam situs ini. Wassalam, Wr, Wb.

You may also like...