Sogili bakar, kuliner khas Danau Poso

sogili_wokuSaat Anda berkunjung ke Danau Poso maka tidak lengkap rasanya apabila tidak berwisata kuliner di sekitar danau ini. Ada beberapa tempat makan yang menyajikan aneka hidangan ikan yang diambil dari sekitar danau ini.

Makanan khas Poso yang patut dicicipi adalah ikan sogili bakar atau belut air tawar. Selain disajikan dengan dibakar, ikan ini juga bisa disajikan dengan direbus dan digoreng. Akan tetapi, kebanyakan pengunjung dan masyarakat lokal lebih memilih dibakar karena rasanya terasa gurih dan renyah.  Bumbu yang digunakan untuk mengolah ikan sogili adalah rica-rica atau dabu-dabu dengan perasan jeruk nipis, tomat, dan bawang merah. Apabial disajikan seperti pecel lele maka kuliner ini disajikan dengan sayuran, sambal dan nasi hangat. Anda bisa menikmati sajian ikan ini hampir di banyak warung makan sekitar Dananu Poso atau Kota Tentena.

Thony Irawanto

Assalamu'alaikum Wr, Wb. Terimakasih atas kunjungan Anda. Trimakasih pula atas kritik dan saran yang telah disampaikan, mohon maaf bila masukan dari Anda belum bisa saya wujudkan semua dalam situs ini. Wassalam, Wr, Wb.

You may also like...