10 KRI Ikut Parade Hari Nusantara 2013

kri-beriringanSebanyak 10 buah kapal perang KRI di jajaran TNI Angkatan Laut telah disiapkan untuk melakukan parade di Teluk Palu pada puncak Hari Nusantara 2013 di Pantai Talise Palu, 14 Desember 2013.”Tanggal 10 Desember 2013, KRI-KRI itu sudah akan tiba di Dermaga Pangkalan TNI AL Palu,” kata Komandan Lanal Palu Kolonel Laut (P) Ferry Supriadi di Palu, Minggu (10/11).

Letkol Ferry Supriadi menjelaskan parade akan dilakukan bersama dengan puluhan kapal dari sejumah instansi pemerintah dan kapal-kapal nelayan.

Dikatakan dia, sudah tercatat dua kapal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, empat kapal Bea Cukai, dan 70 kapal nelayan.

Kapal-kapal ini akan menggelar latihan di Teluk Palu mulai 11 Desember sebelum tampil di depan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 14 Desember 2013.

Selain parade, kata Ferry, TNI AL juga akan mengadakan atraksi terjun payung oleh 14 orang anggota komando pasukan khusus TNI AL, demo kapal sea-raider diperkuat sebuah helikopter pengangkut pasukan dan pesawat Cassa.

Selama bersandar di dermaga TNI AL, Kelurahan Watusampu, Kota Palu, kata Ferry, kapal-kapal perang itu akan dibuka untuk dikunjungi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng Hasanuddin Atjo mengemukakan bahwa pihaknya telah menyiapkan 70 buah kapal nelayan yang akan terlibat dalam sailing pass serangkaian puncak peringatan Hari Nusantara 2013.

Dari 70 kapal itu, 37 di antaranya adalah kapal-kapal nelayan bertonase 30 GRT bantuan Kementerian KP tahun 2011 sampai 2013.

Dan Lanal Ferry Supriadi berharap parade kapal perang dan kapal-kapal nelayan tersebut akan semakin memperdalam rasa cinta bahari kepada seluruh masyarakat Indonesia. (ant)

Thony Irawanto

Assalamu'alaikum Wr, Wb. Terimakasih atas kunjungan Anda. Trimakasih pula atas kritik dan saran yang telah disampaikan, mohon maaf bila masukan dari Anda belum bisa saya wujudkan semua dalam situs ini. Wassalam, Wr, Wb.

You may also like...