Jepa, kue hangat di pinggir pantai

Jajanan ringan dengan bahan dasar dari sagu ini, kini banyak di jumpai disamping Masjid Arkam Babu Rahman di Kampung Baru. Sebagian dari kita mungkin sudah merasakan kue ini, mungkin dengan cara membuatnya yang berbeda, atau mungkin dengan sebutan yang berbeda pula.

Sekilas cara buatnya mirip dengan cara membuat Kerak Telur, jajanan khas masyarakat Betawi di Jakarta. Bahan tepung sagu kasar di panggang pada kuali yang terbuat dari tanah liat, lalu diberi isi sesuai pesanan pembeli. Umumnya memakai isi gula merah (gula aren), tapi uniknya ada juga yang pakai isi semacam tumis/abon ikan. Cukup merogoh kantong sepuluh ribu rupian kita sudah mendapatkan tiga potong Kue Jepa. Jajanan ini hanya ada di sore hari hingga malam tiba, enak dimakan saat masih hangat, pas dengan hembusan dingin angin pantai di Teluk Palu. Ayo datang ke Palu…

kue_jepa2

kue_jepa1

 

kue_sagu1

kue_sagu2

kue_sagu3 

Thony Irawanto

Assalamu'alaikum Wr, Wb. Terimakasih atas kunjungan Anda. Trimakasih pula atas kritik dan saran yang telah disampaikan, mohon maaf bila masukan dari Anda belum bisa saya wujudkan semua dalam situs ini. Wassalam, Wr, Wb.

You may also like...