Totitoli, Kota Cengkeh

Kabupaten Tolitoli atau Toli-toli adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 4.079,6 km². Kabupaten Tolitoli sebelumnya bernama Kabupaten Buol Tolitoli, namun pada tahun 2000 berdasarkan UU No. 51 Tahun 1999 daerah ini dimekarkan menjadi dua kabupaten, yaitu Kabupaten Tolitoli sebagai kabupaten induk dan Kabupaten Buol sebagai kabupaten hasil pemekaran.

Tolitoli dapat ditempuh dari Kota Palu dengan perjalanan darat sekitar 8 jam, kapal Pelni sekitar 9 jam, dan pesawat udara sekitar 40 menit. Jalur perjalanan darat bisa melewati rute pantai barat dan rute pantai timur. Kedua jalur darat sama-sama menyusuri pantai pulau Sulawesi, tetapi menawarkan tantangan perjalanan yang berbeda. Jalur pantai timur akan melewati tanjakan kebun kopi, jalur sepanjang 40 kilometer dengan 356 belokan dengan sisi tebing dan jurang terjal.

Komoditi unggulan yang dihasilkan berupa cengkeh, kelapa, kopi robusta, kopi arabika, lada dan jambu mete. Kabupaten tolitoli dikenal dengan penghasil cengkeh terbesar di Provinsi Sulawesi Tengah, bahkan menjadi penghasil cengkeh terbesar dengan kualitas nomor satu di Indonesia. Semua produk tersebut juga sangat tergantung dari kelancaran distribusi barang dan jasa melalui Pelabuhan Dede. Dilihat dari lokasinya, pelabuhan itu sebenarnya cukup strategis terutama untuk pasar ke Kalimantan seperti Kota Tarakan dan Kota Balikpapan.

kota_cenkeh10

kota_cenkeh9

kota_cenkeh8

kota_cenkeh7

kota_cenkeh6

kota_cenkeh5

kota_cenkeh4

kota_cenkeh3

kota_cenkeh2

kota_cenkeh1

kota_cenkeh1 

Thony Irawanto

Assalamu'alaikum Wr, Wb. Terimakasih atas kunjungan Anda. Trimakasih pula atas kritik dan saran yang telah disampaikan, mohon maaf bila masukan dari Anda belum bisa saya wujudkan semua dalam situs ini. Wassalam, Wr, Wb.

You may also like...